Beternak Entok Biaya Kecil dan Cepat Besar

Beternak Entok Biaya Kecil dan Cepat Besar

Sisa pekarangan belakang rumah adalah

salah satu pendukung usahaku. Usaha kecil kecilan yang menurut saya bisa menjadi tambahan penghasilan sebagai usaha sampaingan stelah pulang kerja. Yaitu mencoba beternak entok atau menthok. Maklum gaji pas-pasan. Untuk menambah penghsilan dengan cara modal sisa tanah belakang rumah dan kebranian untuk usha kecil- kecilan. Entok atau Menthok ( Cairina Moschata ) yang saya pelihara. Karena menurut saya jenis unggas ini yang cocok, karena kebal penyakit dan tidak terlalu rewel dalam masalah makanannya.

Entok ini hanya membutuhkan tempat yang nota bene ada air yang cukup tapi tidak terlalu kotor ( limbah). Bayangkan enthok jantan dewasa di tempat saya harganya sekitar 75 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah. yang betina sekitar 40 s.d 50 ribu rupiah. Enthok betina dalam masa bertelur paling banyak 15 s.d 17 butir tergantung permberian makanannya. Saaat bertelur biarkan membuat sarang sendiri gak usah dibuatkan. Lumayan kan ?!. Nah bagaimana ingin mencoba ? Ini pengalaman nyata. Yang saya awali dengan modal enthok betina dewasa 2 ekor dan jantan 1 ekor. inilah yang saya lakukan

Banyak orang yang mencoba beternak entok ini sebagai usaha sampingan, karena entok ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit dan pemberian pakannya yang mudah peluang usaha dalam beternak entok ini cukup menguntungkan karena selain daging dan telurnya, bulunya pun dapat dijual untuk dijadikan shuttlekock. Bagi anda yang ingin beternak entok atau mentok ini berikut adalah cara lengkapnya:

a. Pemilihan Entok atau Mentok Untuk Ternak

Pilihlah entok yang baik yaitu entok yang sehat tidak cacat, memiliki gerakan yang cukup lincah, memiliki nafsu makan tinggi, memiliki mata yang cerah dan bulu yang mengilap tidak kusut, serta memiliki warna kotoran yang normal.

b. Kandang Ternak Entok atau Mentok

Kandang kita buat sederhana, biaya kecil. Yaitu pakai kandang untuk anak menthok saat usia 1 sd 1bulan, gak usah lampu penghangat biarkan bersama induknya selama 1bulan. Bahan dari kawat ram yang kita buat dengan bahan kayu reng/usuk kita buat sedmikian rupa sehingga memudahkan kita untuk memasukkan abak enthok saat tidur malam dan mengeluarkan saat mulai pagi.

c. Pemberian Pakan Mentok atau Entok

Sebenarnya enthok sangat nriman dalam makanannya. Saya pakai dedak halus di capur dengan 511 dengan perbandingan tidak terlalu saya perhatikan yang penting ada, gitu aja, dan juga jangan lupa beri sayuran seperti kangkung atau buah sejenis mentimus atau semangka yang gak layak makan untuk manusia. atau semangka sisa.
Agar cepat besar entok atau mentok ini diberi pakan 2 kali dalam sehari dengan pakan berupa dedak, jagung giling, tepung ikan dan lainnya dan ditambah dengan probiotik. Pemberian pakan tersebut disesuaikan dengan ukuran serta umur entok atau mentok tersebut.

Artikel Lainnya :