Desak Pengangkatan CPNS Tanpa Tes

Desak Pengangkatan CPNS Tanpa Tes

 Forum Pembela Honorer Indonesia (FPHI) Kota Bekasi

menuntut adanya pengangkatan Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tuntutan mereka disuarakan dalam aksi yang dilaksanakan di depan Istana Negara, senin kemarin.

Mereka mendesak  pembatalan Permenpan nomor 36 tahun 2018 tentang pengangkatan CPNS jalur umum dan meminta untuk memberikan payung hukum untuk honorer menjadi CPNS supaya di angkat secara bertahap tanpa tes.

Ketua FPHI Kota Bekasi Firmansyah mengatakan, rencana adanya pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ditanggapi berang sejumlah pekerja kontrak di Kota Bekasi pasalnya penerimaan pegawai pemerintah itu yang membuka jalur umum.

“Dalam permenpan nomor 36 tahun 2018 itu cacat hukum

,  karena disitu tidak ada keterpihakan terhadap honorer khususnya yang sudah berusia 35 tahun keatas. Jadi pemerintah tidak memikirkan para honorer malah membuka jalur umum yang belum mengabdi. Sedangkan banyak yang sudah mengabdi  puluhan tahun yang gajinya masih dibawah UMR, ” ujarnya kepada Radar Bekasi, kemarin.

Firmansyah menambahkan, pegawai kontrak yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi sudah bertahun-tahun lama bekerja. Dengan dibukanya jalur umum, maka pengabdiannya selama ini dinilai tidak dihargai. Mereka lebih dulu melayani dan megabdikan untuk Negara, namun dilupakan. Bahkan kata dia, ada beberapa honorer yang sudah mengabdi diatas 20 tahun.

“Harapan guru honorer di kota Bekasi supaya pemerintah khususnya

presiden memberikan payung hukum kepada honorer untuk di angkat CPNS secara bertahap tanpa tes dengan mengkedepankan masa kerja yang paling lama. Untuk kota bekasi alhamdulillah sudah sejahtera tapi kita tidak cuman disitu saja , status CPNS kita perlu juga,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan kota Bekasi Inayatullah  mengatakan saat ini jumlah guru PNS yang dibutuhkan untuk tingkat SD dan SMP sebanyak 2.172 guru. Inay mengaku, mengatakan Kewengan pengangkatan CPNS ada pada pemerintah  pusat yaitu Panselnas, Sementaar pemerintah Kota Bekasi tidak memiliki kewenangan.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/