Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

A. Faktor Alamiah

Bencana alam menjadi pemicu rusaknya lingkungan hidup yang tak terelakkan. Indonesia sendiri kerap mengalami bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, angin yang merusak (topan/puting beliung), gunung meletus, gempa bumi serta tsunami. Kejadian-kejadian ini merupakan fenomena alam yang kehadirannya sering tak terduga : Bentuk Imperialisme dan Kolonialisme, Beserta Pengaruh, Jenis, Dampak

B. Faktor Kesengajaan (ulah manusia)

Seperti yang terjadi pada wilayah lain, rusaknya lingkungan hidup di Indonesia ada kalanya merupakan ulah dari orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Manusia dengan segala kelebihannya dari makhluk lain senantiasa berkembang dari pola kehidupan yang sederhana melangkah maju ke tahap modern. Dengan dalih peningkatan taraf hidup tersebut, manusia sering mengeksploitasi kekayaan alam secara berlebihan tanpa memperhatikan aspek keseimbangan. Akibatnya terjadi penurunan fungsi alam sebagai penyangga utama kehidupan.

Usaha atau Cara untuk Pelestarian Lingkungan Hidup

Menghentikan kegiatan ekspliotasi alam yang berlebihan
· Penerapan hukum yang kuat serta tidak memihak kepada golongan tertentu
· Memberi pengertian kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian tanah, air serta udara
Pengelolaan sampah serta limbah yang baik dan benar
Penanaman kembali hutan yang telah gundul (reboisasi)
Menggalakkan pengembangan teknologi ramah lingkungan di semua sektor

Itulah tadi beberapa ulasan yang coba kami angkat dalam artikel terbaru tentang pelestarian lingkungan hidup Indonesia seperti tersebut di atas. Akhirnya, kita harus kembalikan kepada semua elemen terkait utamanya yang mempunyai wewenang di bidangnya agar dapat mengambil kebijakan terbaik. Sebagai masyarakat di tingkat bawah, tentu kita harus berpartisipasi untuk mendukung semua program yang telah di canangkan. Mari mulai perubahan ini dari diri kita pribadi serta dari hal-hal terkecil di sekitar kita.

Sumber Materi : https://www.murid.co.id/