Keren, 37 Pelajar Sukses Kibarkan Merah Putih

Keren, 37 Pelajar Sukses Kibarkan Merah Putih

Sebanyak 37 pelajar SMA, SMK negeri dan swasta se-Kota Bogor yang tergabung

dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses mengibarkan duplikat Bendera Pusaka Sang Merah Putih di Lapangan Sempur, Sabtu (17/8).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bogor, Eko Prabowo, memaparkan, awalnya jumlah paskibraka ini 38 orang. Namun satu orang atas nama Harfianty Ramadhina Kurniawan dari SMA Negeri 1 Kota Bogor terpilih sebagai anggota Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Barat, maka Paskibraka Kota Bogor hanya 37 orang.

“Mereka sudah dibina sejak Mei 2019, tepatnya sejak lolos seleksi calon anggota Paskibraka pada April.

Oleh dispora dan senior Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mereka terus digembleng dan dibina hingga pelaksanaan upacara pada 17 Agustus,” kata pria yang juga pembina Paskibraka Indonesia Kota Bogor itu.

Eko menambahkan, sejak seminggu sebelumnya, pasukan Paskibraka dikarantina di pemusatan latihan. Mereka terus digenjot setiap pagi hingga siang, dilanjutkan siang hingga sore. Malamnya, mereka diberikan materi dan pembekalan tentang wawasan kebangsaan, dialog publik, diskusi kebangsaan dan kegiatan tambahan lainnya.

Hingga pukul 22:00 WIB baru diistirahatkan. “Semuanya terus dilatih secara rutin bersama pasukan TNI dari Batalyon 315

/Garuda sebanyak 45 personel, ditambah 4 personel dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) sebagai petugas pengawal bendera,” katanya.

”Ini akan menjadi kenangan seumur hidup. Di mana hingga hari H, mereka belum tahu akan menempati posisi sebagai apa, akan menampati posisi di mana dan siapa yang akan bertindak sebagai pembawa bendera saat menaikkan atau menurunkan bendera. Posisi itu baru saya umumkan beberapa jam sebelum mereka bertugas,” sambungnya.

Berkat penggemblengan pelatihan, pembinaan yang kontinu dan kedisiplinan, tambah Eko, peserta yang tergabung dalam Paskibraka Kota Bogor berhasil melaksanakan tugas dengan baik. ”Alhamdulillah mereka sukses menaikkan dan menurunkan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-74 RI,” tandasnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GXMXC6C