Table of Contents

PENGUKURAN PERANGKAT LUNAK

PENGUKURAN PERANGKAT LUNAK

PENGUKURAN PERANGKAT LUNAK

Pengukuran langsung dari proses rekayasa perangkat lunak menyangkut biaya dan usaha yang diaperangkat lunakikasikan. Pengukuran langsung dari produk menyangkut deretan kode (LOC) yang diproduksi, kecepatan eksekusi, ukuran memori, dan cacat yang dilaporkan pada sejumlah periode waktu. Pengukuran tidak langsung dari produk menyangkut fungsionalitas, kualitas, komperangkat lunakeksitas, efisiensi, reliabilitas, kemampuan pemeliharaan, dsb.

 

Metrik Size-Oriented

Metrik perangkat lunak size-oriented ditarik dengan normalisasi kualitas dan atau pengukuran produktivitas dengan mempertimbangkan ukuran perangkat lunak yang dihasilkan.

ProyekLOCUsahaDolarHalamanKesalahanCacatManusia
Alpha12,10024168365134293
Beta27,200624401224321865
Gamma20,200433141050256646

Untuk mengembangkan metrik yang dapat diasimilasi dengan metrik yang sama dari proyek yang lain, kita memilih sederetan kode sebagai nilai normalisasi. Dari data yang belum sempurna yang ada pada tabel, dapat dikembangkan serangkaian metrik size-oriented yang sederhana untuk setiap proyek:

– kesalahan(error) per KLOC(Kilo Line Per Code),

– $ perLOC cacat (defect) per KLOC,

– halaman dokumentasi per KLOC.

Metrik menarik lain yang dapat dihitung:

– Kesalahan/person-month,

– LOC per person-month,

– $/halaman dokumentasi.

Metrik Function-Oriented

Metric perangkat lunak function-oriented menggunakan sebuah pengukuran fungsionalitas yang disampaikan oleh aperangkat lunakikasi sebagai suatu nilai normalisasi. Function point ditarik dengan menggunakan sebuah hubungan empiris berdasarkan pengukuran langsung domain informasi perangkat lunak yang dapat dihitung serta perkiraan kompleksitas perangkat lunak.

Baca Juga :