PJ Walikota Bekasi: Keluarga Pendukung Sukses Pendidikan Anak

PJ Walikota Bekasi Keluarga Pendukung Sukses Pendidikan Anak

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diselenggarakan di Alun-Alun Kota Bekasi bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, Rabu (2/5/2018).

Menurut Pj Walikota Bekasi Rudy Gandakusuma yang juga inspektur upacara pada 2 Mei 2018 yang mana ditetapkan sebagai Hardiknas diambil dari tanggal lahir tokoh pendidikan Indonesia, yaitu RM Suwardi Suryaningrat atau dikenal dengan nama KH Dewantara.

“Dengan disahkan Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh bagi hidup dan penyanggah bagi kebudayaan pendidikan nasional,” kata Rudy.

Ia menambahkan, Hardiknas 2018 seluruh insan pendidikan berkomitmen

untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Dengan kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan yang kuat.

“PadaHardiknas 2018 ini, mari kita satukan tekat untuk menguatkan pendidikan dan sekaligus memajukan kebudayaan dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras dalam mengabdi dunia pendidikan,” terang dia.

Disadari dengan kondisi yang ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan

masih jauh dari jangkauan. Menurutnya, saat ini akses pendidikan terus diperluas dengan yang berkualitas. Terus melaksanakan praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan.

Disisi lain terus berusaha menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia, adalah negara yang sejahtera dalam hal budaya, seperti yang diakui oleh salah satu asisten direktur jenderal di UNESCO bahwa Indonesia sebagai negara adidaya atau super power kebudayaan.

Rudy menyatakan, guru, orangtua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan

untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak Indonesia.

“Salah satu bentuk penguatan tri pusat pendidikan, adalah keterlibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak dan penguatan karakter,” katanya.

 

Baca Juga :