Table of Contents

Softskill Riset Akuntansi

Softskill Riset Akuntansi

Penggunaan sistem akuntansi dalam perusahaan sangat mempengaruhi keputusan yang akan di ambil oleh pimpinan. Oleh sebab itu, sistem akuntansi yang di buat oleh penulis dapat berguna bagi perusahaan yang terkait. Untuk mengetahui sistem akuntansi penerimaan kas pada lembaga pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan standar sistem akuntansi yang telah ditetapkan maka penulis mengimplementasikan tata cara penerimaan kas ke dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada Klinik Munjul Ys. Dharma Bhakti dan menggambarkan sistem akuntansi tersebut dengan menggunakan bagan alir dokumen (flowchart). Dari hasil yang didapat diketahui bahwa sistem akuntansi penerimaan kas terdiri dari 5 prosedur, yaitu prosedur bagian pendaftaran, prosedur bagian dokter, prosedur bagian pembayaran dan pengambilan obat, prosedur bagian keuangan dan prosedur bagian akuntansi. Akan tetapi sistem tersebut kurang sesuai dengan standar sistem akuntansi yang telah ditetapkan karena memiliki kelemahan dalam prosedur penerimaan kas.

Resume (Ringkasan) dari Penulisan Ilmiah tersebut adalah :

  1. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Klinik Munjul Ys. Dharma Bhakti

Dari hasil sistem akuntansi pada Klinik Munjul Ys. Dharma Bhakti terdapat kelemahan pada prosedur pelayanan yang sedang berjalan yaitu kurangnya karyawan yang digunakan pada setiap bagian dipenggang oleh satu orang karyawan yang sama sehingga dapatmenimbulkan manipulasi data dalam penerimaan kas, sistem pengarsipannya masih manual, dan kurangnya pengawasan dari pimpinan sehingga bagian akuntansi hanya menerima laporan penerimaan kas dari bagian yang terkait.

  1. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada Klinik Munjul Ys. Dharma Bhakti Sudah Efektif

Pada prosedur yang diusulkan untuk sistem akuntansi penerimaan kas pada Klinik Munjul Ys. Dharma Bhakti mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem yang lama, yaitu pada bagian prosedur tertentu sudah dipegang oleh 1 orang yang berbeda untuk mencegah terjadinya manipulasi data yang dilakukan oleh karyawan yang didukung oleh Sistem pencatatan dan pengarsipan sudah terkomputerisasi sehingga pimpinan lebih mudah untuk mengawasi setiap prosedur yang sedang berjalan maupun dalam pengarsipan.

Sumber : https://merkbagus.id/