Rusia Selidiki Penyebab Lubang di Pesawat Luar Angkasa

Rusia Selidiki Penyebab Lubang di Pesawat Luar Angkasa

BADAN luar angkasa Rusia Roscosmos kini tengah menyelidiki penyebab lubang kecil yang muncul di pesawat luar angkasa Soyuz yang ada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Lubang itu menyebabkan udara bocor keluar dari pesawat tersebut. Pada awalnya Rusia pikir lubang itu disebabkan oleh sambaran meteorit kecil.

Namun, sekarang, Roscosmos menduga bahwa lubang itu dibuat dari dalam Soyuz

, kemungkinan menggunakan sebuah bor. Mereka juga tetap mempertimbangkan kemungkinan bahwa lubang itu dibuat secara sengaja, baik di Bumi ataupun di luar angkasa.

“Kami mempertimbangkan semua kemungkinan,” kata Dmitry Rogozin, Head of Roscosmos, menurut laporan TASS.

“Kemungkinan lubang muncul akibat tabrakan dengan meteorit telah dibantah karena lubang itu muncul akibat benturan dari dalam pesawat. Meskipun begitu, masih terlalu cepat untuk mengatakan penyebab dari lubang ini.”

Rogozin mengatakan bahwa lubang ini merupakan “kesalahan teknis” yang dibuat oleh para ahli dengan “tangan yang tidak stabil”, seperti yang dikutip dari The Verge.

“Ada bukti bahwa bor bergerak di permukaan dalam pesawat,” katanya.

Roscosmos telah berdiskusi dengan Komisi Negara untuk menyelidiki

alasan di balik kemunculan lubang itu. Rogozin mengatakan bahwa penyelidiki penyebab lubang tersebut adalah “masalah kehormatan” dan para penyedlidik akan bisa mengetahui pakah lubang itu tercipta secara tidak sengaja atau memang dibuat secara sengaja.

“Sekarang, penting bagi kami untuk tahu alasannya, untuk tahu orang yang bertanggung jawab

atas lubang itu. Dan kami akan menyelidikinya sampai tuntas,” kata Rogozin. NASA menolak untuk memberikan informasi terkait penyelidikan ini.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/