Saingan Wikipedia yang terdesentralisasi menyingkirkan Ethereum untuk diluncurkan di EOS blockchain

 

Saingan Wikipedia yang terdesentralisasi menyingkirkan Ethereum untuk diluncurkan di EOS blockchain

Saingan Wikipedia yang terdesentralisasi menyingkirkan Ethereum untuk diluncurkan di EOS blockchain

Mengikuti rencana yang gagal untuk diluncurkan di Ethereum, $ ETH ▲ 2,93% ensiklopedia desentralisasi Everipedia telah mengumumkan operasinya akan tayang langsung di EOS blockchain.

Everipedia ingin menyaingi Wikipedia dengan menawarkan basis data informasi yang benar-benar terbuka dan bebas sensor. Pengembangnya mengklaim bahwa Wikipedia menderita terlalu banyak peraturan dan “pengawas tipe birokrasi” yang membuatnya “menarik hanya untuk sebagian kecil dari para penulis ensiklopedia potensial.”

Ada adalah koneksi yang melekat antara kedua platform, terlalu: terutama kehadiran Dr Larry Sanger, pendiri Wikipedia, yang adalah kepala kantor informasi Everipedia ini (CIO).

Harapannya adalah bahwa Everipedia akan mendapat manfaat dari sifat desentralisasi EOS yang seharusnya – tetapi berapa banyak perlawanan sensor yang dapat diperoleh tetap tidak terbukti.

Migrasi dari Ethereum ke EOS
Peluncurannya sudah lama sekali – proyek ini pertama kali muncul tahun lalu, awalnya dibangun untuk Ethereum. Pada bulan Desember, tim melompat kapal ke EOS, yang bertepatan dengan perekrutan Sanger. Pengembang berpendapat bahwa membangun di Ethereum “sangat sulit” – setidaknya, sampai menyelesaikan masalah skalabilitasnya .

Meskipun ini adalah argumen yang adil, perlu dicatat bahwa EOS memiliki merek sendiri masalah terkait dengan bagaimana ia berurusan dengan peningkatan tajam dalam lalu lintas. Khususnya, itu mengalami masalah dengan solusi untuk mendistribusikan sumber daya penting untuk pengembang aplikasi, yaitu RAM.

“Tidak semuanya berfungsi atau siap pada platform EOS, tapi itu sama untuk Ethereum,” kata tim Everipedia kepada Hard Fork dalam email. “Solusi penskalaan masih dikerjakan, penyimpanan, RAM, dan biaya bandwidth berfluktuasi banyak. Jelas, hal-hal perlu ditingkatkan dan ekonomi berhasil. ”

Bagaimana Everipedia akan bekerja
Everipedia memiliki sistem insentif yang ditenagai oleh cryptocurrency asli – IQ. Kontributor dan validator diberi penghargaan karena objektivitas dan standar tinggi dengan token. Ini, dikombinasikan dengan kesetiaan buta terhadap desentralisasi, tampaknya cukup untuk mengontrol kualitas.

Pengenalan uang untuk proses editorial juga menimbulkan pertanyaan etika tertentu. Jawabannya, tampaknya, datang dari ‘pasar bebas’ yang sangat indah – konten terbaik pasti akan naik ke atas, selama ada insentif.

Tidak memiliki otoritas pusat juga membawa tantangan baru. Kami sudah tahu ada masalah yang terkait dengan menjaga kualitas konten yang didesentralisasi. Yaitu, mungkin ada terlalu banyak penis – dan bahkan astroturfing yang tersebar luas .

Masalah ini tentu saja tidak unik untuk platform desentralisasi – karena Wikipedia terkenal dengan troll. Untuk mengatasi hal ini, Wikipedia melacak alamat IP untuk melihat siapa yang melakukan apa – jejak data yang mengingatkan pada blockchain, dengan cara catatan disimpan dari semua pengeditan halaman.

Sanger lebih lanjut menguraikan bagaimana ia membayangkan platform akan bekerja, dalam email ke Hard Fork:

Karena jaringan didesentralisasi, jaringan akan menyatukan artikel dari berbagai ensiklopedia, bukan hanya Everipedia. Dimungkinkan untuk memiliki artikel yang berbeda tentang topik yang sama, dan kami pada akhirnya akan memiliki sistem penilaian yang memungkinkan orang menemukan artikel yang berbeda tentang topik yang sama, dinilai oleh berbagai kategori orang, grup, dan pakar.

Suka Wikipedia – tetapi dengan uang
Keberhasilannya benar-benar bergantung pada apakah sistem akan menginspirasi konten yang sah atau tidak. Meskipun masih hidup hari ini, masih merupakan eksperimen yang masih dalam tahap awal. Ia mengklaim sudah memiliki lebih dari 8.000 kontributor dan jumlah entri bahasa Inggris yang lebih besar daripada Wikipedia.

Ini mungkin karena Everipedia memiliki head start: basis data aslinya adalah salinan Wikipedia – set entri yang lengkap. Sanger meyakinkan Hard Fork bahwa itu benar-benar akan berbeda – meskipun pada akhirnya.

Sementara Everipedia.org dimulai sebagai cabang dari Wikipedia dan akan selalu mempertahankan ensiklopedia kolaboratif gaya-wiki, selama beberapa tahun ke depan, kami berharap jaringan berkembang menjadi sesuatu yang secara fundamental berbeda dari Wikipedia.

Pada akhirnya, ini benar-benar suatu upaya untuk menyatukan tenaga kerja global para ensiklopedis – sesuatu yang telah dicoba oleh Wikipedia, tetapi karena sifatnya yang nirlaba dan kurangnya insentif, integritas para kontributornya sering menuai kritik. Beberapa tahun yang lalu, The Atlantic melaporkan bahwa entri Wikipedia sedang dirawat oleh mereka yang dibayar untuk mempengaruhi konsumen dan bahkan pasien medis.

“Kami membutuhkan lebih banyak orang untuk merasa nyaman berkontribusi. Alih-alih sekitar 10.000 kontributor

— itulah perkiraan saya tentang jumlah Wikipedian aktif — jaringan yang lebih terbuka dan terdesentralisasi akan dapat mengatur kerja jutaan intelektual dari seluruh dunia. ” Sanger memberi tahu kami. “Itu yang seharusnya ada. Tetapi Anda dapat mengatur jumlah orang itu hanya dengan cara yang sangat terdesentralisasi, tanpa pemimpin netral, dengan cara yang sama seperti Internet itu sendiri diatur, melalui protokol teknis netral. ”

Bisakah EOS menanganinya?
EOS memiliki sejarah produsen blok yang melalaikan tanggung jawab konstitusional dan melakukan sesuka hati, terlepas dari konsensus. Baru-baru ini, tujuh akun dibekukan setelah mereka diduga memiliki dana curian. Biasanya, badan yang sewenang – wenang membuat keputusan seperti itu, dan meskipun mereka menolak mosi itu, produsen blok tetap maju dan tetap melakukannya .

Ada juga kekhawatiran mengenai pengaruh Block.one terhadap EOS. Dan Larimer baru-baru ini menyatakan bahwa

mereka akan mengambil bagian dalam pemilihan untuk hak untuk menghasilkan blok dalam jaringan. Pada pandangan pertama, ini mungkin tampak di atas papan – tetapi mengingat bahwa EOS menggunakan konsensus Bukti Delegasi yang Didelegasikan, sejumlah besar EOS yang dikendalikan oleh Block.one menantang klaim tertentu desentralisasi.

Sebagai pencipta, Block.one sebenarnya memiliki cukup EOS untuk mengendalikan 25 persen suara , meningkatkan konflik kepentingan yang signifikan – belum lagi jika ini memusatkan pengambilan keputusan. Namun, dua hari sebelum ini, Dan Larimer berdebat untuk menyingkirkan konstitusinya sama sekali , mengklaim bahwa itu “tidak bijaksana” untuk memulai.

Semuanya menjamin pertanyaan, terutama mengenai efek tata kelola EOS yang bisa terjadi pada Everipedia. Jika keputusan cepat dapat dibuat untuk membekukan akun di luar protokol – dapatkah keputusan dibuat untuk membungkam kontributor dengan mengunci akun mereka?

Jika kita benar-benar membangun internet baru, yang terdesentralisasi, ia mungkin harus memiliki ensiklopedia

sendiri. Memiliki sistem imbalan uang untuk kontributor tentu terdengar hebat – tetapi penggantian untuk pembuatan konten tidak terhindarkan mengganggu etika editorial.

Konsekuensi potensial apa pun belum dimainkan, meskipun Everipedia akhirnya terbuka untuk umum tentu memberi kita kursi baris depan.

Sumber:

https://www.belajarbahasainggrisku.id/jasa-penulis-artikel-seo/