SBMPTN 2016, Peserta Panlok Jakarta Capai 56.631

SBMPTN 2016, Peserta Panlok Jakarta Capai 56.631

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016

dimulai selasa, (31/5). Total peserta di Panlok Jakarta, sebanyak 56.631 orang mengikuti ujian. Peserta terbagi menjadi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Campuran. Ujian dimulai sejak pukul 7.00-14.30 WIB. Panlok Jakarta selain UI yaitu UNJ, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UPH.

“Alhamdulillah lancar. Data total Panlok Jakarta, Saintek 22.946, Soshum, 29.269, dan Campuran 4.366. Untuk CBT 50 orang. Jumlah ruangan yang digunakan yaitu 2.846,” ujar Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti kepada Edupost.id.

Rifelly mengungkapkan, peserta ujian SBMPTN 2016 dapat memilih sendiri

wilayah serta jenis ujiannya. Peserta tidak dapat memilih lokasi ujian karena sudah ditentukan panitia pusat. Jenis ujian yang digunakan yaitu PBT (ujian berbasis kertas) dan CBT (ujian berbasis komputer).

“PBT akan terus mengerjakan PBT. Sementara CBT ya mengerjakan CBT. Sistemnya si peserta mengerjakan ujiannya menggunakan komputer dengan software. Softwarenya sendiri dipegang panitia pusat. Jadi setelah selesai mengerjakan data, akan diolah oleh panitia pusat,” jelasnya.

Antisipasi kecurangan, tambah Rifelly, UI menggunakan alat detektor. Selain menggunakan alat,

UI juga membuat lebih dari 20 kode soal secara acak. Kode tersebut hanya panitia yang tahu sehingga kecurangan dapat dihindari. Pencetakan soal juga hanya dilakukan di tempat yang diketahui panitia pusat.

 

Sumber :

https://memphisthemusical.com/